DESAIN RUMAH MINIMALIS MENGAPA?

Desain Rumah Minimalis sangat di minati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini. Selain desainnya yang simple dan artistik, rumah minimalis juga menapilkan kesan rapih, bersih, dan modern. Karena tanpa disadari, desain sebuah rumah sangat berpengaruh bagi keindahan desain rumah kita. Kebanyakan dari mereka yang memilih desain minimalis hanya karena sedang trend beberapa tahun terakhir ini namun banyak juga masyarakat yang memilih untuk mendesain rumah mereka dengan desain minimalis karena mereka benar memahami dan mengagumi desain tersebut. Sebenarnya desain sebuah rumah memang tergantung pada pandangan dan gaya hidup seseorang dan semua orang tentunya memiliki desain yang sesuai dengan selera mereka masing–masing. Namun bagi yang menyukai desain minimalis, pastinya mereka sangat menyukai kesederhanaan, kemudahan, dan bergaya hidup modern.

Dalam ilmu desain arsitektur, istilah “minimalis” bukan menjadi barang yang langka lagi, bahkan kecenderungan semua desain ada tambahan “minimalis” dibelakangnya. Tidak hanya rumah minimalis, “taman minimalis”, “dapur minimalis”, “sofa minimalis” dan lain lainnya sekarang menjamur istilah “minimalis” dibelakangnya.

Di dunia marketing rumah pun tidak ketinggalan menggunakan istilah “minimalis” untuk menjual dagangannya, sehingga konsumen digiring ke istilah “minimalis” sesuai dengan persepsi mereka, atau bahkan istilah “minimalis” disesuaikan dengan dagangan mereka, sehingga orang yang awam dengan istilah “minimalis”, jadi mendiskripsikan seperti yang didiskripsikan marketing tadi.

Namun demikian, ada sebuah pergeseran persepsi “minimalis” pada konteks sebenarnya, dimana istilah “minimalis” dalam arti sebenarnya adalah sebuah desain sederhana, dengan menggunakan bahan yang ada, tidak terlalu mahal, dan menghasilkan bentuk yang indah, dengan ditunjang biaya yang tidak mahal. Sedangkan istilah “minimalis” dalan arti sekarang adalah desain yang serba bersih (clean), presisi, mungil, paduan warna yang berani, sehingga mengesankan mengekspos dinding rumah, dan banyak perpaduan garis garis pada dinding yang membuat lebih menarik. Untuk istilah “minimalis” yang kedua inilah yang banyak dipakai di Indonesia sekarang ini, sehingga kalau dibuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) orang langsung berpikir dua kali untuk membanguan rumahnya dengan model “minimalis”.

Meskipun terjadi pergeseran makna, bukan lantas rumah minimalis tidak diminati oleh calon pembuat rumah, karena desain yang khas, keberanian memoles, dan hasil yang indah, calon konsumen memahami besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membanguan rumah sesuai dengan desain yang sudah dibuatkan, karena didalam RAB pun sudah bisa dinilai rincian biaya, apakah terjadi mark up harga atau tidak.

Jadi, sebelum merencanakan mendesain rumah, yang harus ada dalam pikiran anda adalah, mendesain Rumah minimalis dalam arti sebenarnya, ataukah mendesain Rumah minimalis dalam arti sekarang??

Desain Rumah minimalis bukanlah sebuah gaya arsitektur saja, namun dibalik itu, gaya ini memiliki jawaban atas berbagai tantangan jaman yaitu ‘mendapatkan hasil yang maksimal dari sesuatu yang minimal’. Kebanyakan dari gaya rumah minimalis terinspirasi dari gaya rumah model Jepang yang simple, rapih, dan seimbang. Memang untuk beberapa orang yang kurang menyukai desain minimalis yang simple dan sedikit dalam menempatkan interior dan pernak-pernik didalam rumah pastinya sangat membosankan memiliki rumah minimalis. Tapi bagi yang menyukainya, rumah minimalis sangatlah memberi arti tersendiri dan sangat menyenangkan untuk tinggal didalamnya. Apabila desain minimalis menjadi pilihan anda dalam menentukan desain rumah, pastikan anda mendesainnya dengan benar agar tidak menyesal dikemudian hari… jangan hanya mengikuti tren yang sedang ramai saat ini tapi pahamilah bahwa desain minimalis memiliki arti dan maksud tersendiri dibalik desainnya.

DESAIN RUMAH MINIMALIS DAN MODELNYA

Desain Rumah Minimalis juga terbagi ke beberapa desain rumah seperti mimalis art deco, minimalis natural, minimalis modern, dan berbagai macam jenis minimalis lainnya. Beberapa desain minimalis yang banyak diminati di Indonesia adalah minimalis modern dan minimalis natural yang menjunjung tinggi kesederhanaan didalam asrinya suasana rumah yang penuh dengan berbagai macam tanaman, interior dan eksterior ramah lingkungan, serta manis dan kreatif dalam penataannya. Sangatlah menyenangkan apabila kita bisa memiliki rumah yang minimalis sekaligus melaksanakan penghijauan dengan memilih material yang ramah lingkungan seperti konsep yang dimiliki rumah minimalis jaman sekarang. Ada baiknya untuk melakukan berbagai pencarian via online atau dari majalah griya dan interior yang menyajikan berbagai macam contoh rumah – rumah minimalis yang menarik, dengan desain yang luar biasa mutakhir sehingga dapat menginspirasi anda dalam membuat desain rumah minimalis yang anda inginkan.

Sekarang kita sudah mengetahui banyak hal tentang serba serbi desain rumah minimalis, mulai dari arti sebenarnya desain minimalis, jenis-jenis desain minimalis, serta juga bagaimana cara menentukan desain rumah minimalis agar sesuai dengan keinginan dan selera anda.

 

PT. DUTA PRO Tbk, (Property & kontraktor)
Plaza Victoria Blok B no.01 Sentul City Bogor 16810.
Telp : 021-87953067     Fax :  021-87953076
Hp    :  085691629395    Pin  :   27510FD6
E-mail  :  pt.dutapro@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s