property : Program Perumahan Khusus PNS

69514f6717590_1_V235

dutapro – Kebanyakan pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia ternyata lebih memilih kredit konsumtif—untuk membeli kendaraan bermotor dan barang eletronik—ketimbang kredit perumahan. Hal ini diutarakan Kepala Pelaksana Sekretariat Tetap Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan-Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS), Ariev Baginda Siregar, Kamis (3/1).

Berdasarkan data yang ada, realisasi penetrasi pasar perumahan untuk PNS yang dibeli melalui pola kredit maupun tunai dari 2003, rata-rata berkisar pada angka 12%. Sementara, dari 4,5 juta PNS yang ada, tercatat sebanyak sekitar 30% belum memiliki rumah.

Ariev mengungkapkan, pemerintah sebenarnya memiliki sejumlah program yang dapat dimanfaatkan para PNS, seperti bantuan uang muka dan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). “Kami akan terus mendorong PNS untuk memiliki rumah meskipun melalui kredit,” ujarnya.

Untuk mengurangi banyaknya PNS yang belum memiliki rumah, imbuhnya, Bapertarum PNS pada tahun 2013 akan lebih pro aktif untuk menjemput bola. “Kami akan melakukan road show ke sekitar 262 kabupaten/kota di Indonesia untuk mengajak pemerintah daerah, developer, dan bank untuk menawarkan perumahan kepada para PNS,” kata Ariev.

Para PNS, juga bisa memanfaatkan Bantuan Uang Muka (BUM) serta sebagian biaya membangun senilai total Rp15 juta kepada PNS golongan I hingga III dan kredit lunak khusus perumahan senilai Rp13 juta yang bunganya hanya sekitar 6%. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan bantuan FLPP untuk membeli rumah dengan suku bunga rendah yakni hanya 7,25%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s