Agar KPR Subsidi Maksimal, Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah

photoPengembang dan pengamat properti sepakat, subsidi selisih bunga dan subsidi uang muka merupakan dua langkah efektif tercapainya target penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) melalui skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) oleh pemerintah sebanyak 350 ribu unit.

Sebelumnya, baik pihak pengembang maupun pengamat properti sama-sama menyangsikan pemerintah akan dapat merealisasikan target penyaluran FLPP tahun depan yang besarnya kurang lebih lima sampai enam kali lipat dari realisasinya tahun ini.

Panangian Simanungkalit, pengamat properti dari Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) mengatakan, pemerintah perlu mencari strategi baru dalam upaya pencapaian target yang ditetapkan untuk tahun depan tersebut.

“Kalau tidak ada cara-cara baru, target itu pasti tidak akan tercapai. Pemerintah bisa mulai dengan mempertimbangkan pemberlakuan subsidi selisih bunga dan juga subsidi uang muka,” kata Panangian di Jakarta, baru-baru ini.

Sebelumnya, Eddy Ganefo, Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) dan Setyo Maharso, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Real Estate Indonesia (REI) mengungkapkan beberapa strategi yang dapat ditempuh pemerintah untuk memaksimalkan penyaluran KPR FLPP tahun depan. “Pemerintah bisa mengalihkan subsidi BBM menjadi subsidi uang muka,” kata Setyo.

Eddy juga mengusulkan agar suku bunga fix dapat berlaku lebih dari dua tahun. “Paling tidak bisa bertahan sampai lima tahun, supaya lebih ringan dalam mengangsur,” imbuh Eddy. (*)

Im Suryani
imsuryani@rumah.com

 

PT. DUTA PRO Tbk, (Property & kontraktor)
Plaza Victoria Blok B no.01 Sentul City Bogor 16810.
Telp : 021-87953067     Fax :  021-87953076
Hp    :  085691629395    Pin  :   27510FD6
E-mail  :  pt.dutapro@yahoo.co.id
 

foto: Anto Erawan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s