KPR rumah : Solusi Terbaik Memiliki Rumah Melalui KPR

 

Kredit rumah melalui KPR adalah sebuah solusi tepat bagi yang ingin memiliki apartemen, rumah, ruko, atau rukan namun tidak memiliki dana cukup. Pihak developer biasanya menjual rumah-rumah melalui bank dengan memasukkannya pada program Kredit Pemilikan Rumah untuk ditawarkan pada nasabah perorangan. Keuntungan pembelian melalui program KPR yang paling menonjol adalah pembayaran cicilan pada setiap bulannya tidak memberatkan nasabah dikarenakan angsuran kredit yang ringan dengan bunga cukup rendah. Lain halnya jika membeli rumah secara kontan sekaligus, tentu akan terasa lebih membebani keuangan orang yang membelinya dibandingkan dengan cara mengangsur melalui KPR.

Jangka waktu cicilan KPR yang ditawarkan biasanya cukup panjang, bahkan bisa mencapai 15 sampai 20 tahun. Jangka waktu yang panjang ini membuat cicilan untuk setiap bulannya tidak membuat beban tambahan pada anggaran rumah tangga. Cicilan bulanan KPR pun dapat menjadi semakin ringan dengan adanya peningkatan inflasi. Selain itu, harga properti dari waktu ke waktu selalu mengalami meningkat dengan jumlah persentase dapat melebihi bunga cicilan KPR per bulan. Dengan memanfaatkan program Kredit Pemilikan Rumah soal peningkatan harga properti tersebut dapat dihindari karena sistem KPR tidak memungkinkan untuk terjadinya peningkatan harga properti yang telah disepakati sebelumnya.

Solusi Terbaik Memiliki Rumah Melalui KPR

Keuntungan lain pembelian melalui KPR adalah rumah dapat langsung dimiliki dan ditempati oleh pihak pembeli setelah membayar biaya untuk uang muka dan administrasi sesuai dengan ketetapan masing-masing bank pemberi Kredit Pemilikan Rumah. Bahkan pada beberapa sistem KPR tidak membebani si pembeli dengan uang muka. Hal tersebut tentu saja menguntungkan bagi pembeli karena perlu mengeluarkan uang kontan yang besar dalam sekali waktu untuk membeli rumah sehingga dana yang seharusnya untuk uang muka (down payment) dapat dipergunakan untuk keperluan lain seperti modal usaha atau bisnis, biaya pendidikan, asuransi kesehatan, investasi, dan lain-lain. Tambahan keuntungan KPR lainnya yaitu legalitas kepemilikan properti yang lebih terjamin.

Syarat-syarat Mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah
Setiap bank menetapkan syarat yang berbeda untuk pengajuan KPR. Namun, pada dasarnya pemohon KPR haruslah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia. Umur minimal pemohon KPR biasanya adalah 21 tahun dan umur maksimal pada saat kredit berakhir biasanya ditetapkan pada umur 55 atau 60 tahun. Pemohon KPR juga harus memiliki pekerjaan dan juga penghasilan tetap sebagai pegawai, wiraswasta, atau professional dengan masa kerja atau usaha minimal 1 atau 2 tahun. Dokumen-dokumen yang harus disertakan oleh pemohon KPR antara lain: fotokopi KTP pemohon dan suami atau istri, fotokopi surat nikah atau surat cerai (bagi yang sudah menikah / cerai), fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi NPWP pribadi, fotokopi informasi keuangan terakhir, surat asli keterangan penghasilan dan jabatan (bagi pegawai), fotokopi surat izin praktek profesi (bagi profesional), dan lain-lain. Kelengkapan syarat-syarat diperlukan untuk mendapatkan kredit rumah KPR.

Secara garis besar program Kredit Pemilikan Rumah yang semakin banyak ditawarkan sekarang ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh kalangan masyarakat ekonomi menengah kebawah. Oleh karena itu jika anda belum memiliki rumah sendiri ada baiknya mulai mengambil kesempatan mendapatkan rumah tinggal yang layak huni melalui program KPR.

 

One comment on “KPR rumah : Solusi Terbaik Memiliki Rumah Melalui KPR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s