Sampingan
Posted in : Artikel

desain rumahPenilaian kehebatan sebuah Desain Rumah bukan hanya sekedar pada tampilan struktur yang memukau ketika kita memandangnya. Yang paling penting adalah bahwa desain harus bisa mewujudkan tiga karakter dasar yaitu : Fungsi, Bentuk dan Warna.

Fungsi:
Desain rumah harus memiliki tujuan yang jelas bagi semua penghuninya. Karena akan menjadi tidak masuk akal dan sia-sia apabila kita sampai mengeluarkan dana hingga ratusan juta bahkan miliaran pada sesuatu yang tidak akan bekerja secara efektif dan efisien.

Bentuk:
Jika kita sudah menentukan fungsi pada sebuah ruang maka selanjutnya kita akan membuat bentuknya. Urutan seperti ini membutuhkan data-data yang lengkap, referensi dan inspirasi. Dengan begitu agak sulit sebenarnya memberi batasan waktu dalam proses kreatif sebuah ruang.

Warna:
Karakteristik dasar terakhir adalah menentukan warna. Hal ini juga akan mencakup proses pemilihan jenis material pada setiap komponen pembentuk ruang seperti  jendela, infrastruktur, jenis kayu, bahan permukaan,  dll

Jika setiap karakteristik ini dapat dipenuhi dalam proses desain rumah, maka kedepannya proyek yang kita kerjakan akan memilki potensi menjadi sebuah karya desain rumah yang hebat.

Siapakah yang akan menentukan hebat tidaknya sebuah desain rumah?  Sangat penting untuk dipahami bahwa yang akan memutuskan bagus tidaknya sebuah desain rumah adalah klien atau penghuni rumah tersebut. Bisa saja kita sangat tertarik pada tampilan visual sebuah ruang tapi itu belum tentu berfungsi dengan baik bagi penggunanya. Jika hal ini terjadi maka bisa disimpulkan itu bukanlah sebuah desain yang hebat. Sayangnya, dalam bidang profesi didorong oleh ego seperti arsitektur, hasil akhir sebuah desain hanya dibuat untuk memuaskan hati sang desainer atau arsitek, bukan berorientasi pada klien. Adalah sebuah  tugas  profesional bagi para arsitek untuk menciptakan ide-ide besar tapi juga memberikan bimbingan dengan mendengarkan kebutuhan klien.

Ada berbagai faktor lain yang dipengaruhi oleh kepentingan setiap individu. Kebanyakan klien ingin menerapkan pandangan mereka berdasarkan pengalaman pada tahap pembangunan. Padahal belum tentu pandangan desain klien tersebut benar atau pun salah. Hal lain yang juga penting adalah tersedianya anggaran yang realistis sebelum memulai desain. Kecenderungan yang terjadi adalah terlalu banyaknya keinginan untuk menggabungkan banyak hal yang disenangi pada desain yang sedang dikerjakan tanpa mempertimbangkan kemampuan biaya sehingga menimbulkan masalah diakhir pekerjaan.

Nilai jual kembali pada bangunan juga menjadi  faktor penting yang perlu diperhitungkan. Banyak klien yang berfikir akan menempati  rumah tersebut semur hidupnya. Hal ini sebenarnya kurang realistis. Adalah penting untuk memikirkan nilai jual kembali  bangunan tersebut pada proses desain. Perlu diingat bahwa Anda tidak perlu  membuat rumah terbesar atau termahal pada lingkungan tertentu. Juga tak perlu kita berpikir  untuk menciptakan ruang yang terlalu besar, terlalu banyak atau unik sehingga mungkin tidak diinginkan oleh orang lain. Jadi perlu dipikirkan juga apabila suatu saat kita memiliki rencana  lain dan harus pindah dari rumah tersebut.

Jadi kesimpulannya, ada banyak faktor yang menjadikan  sebuah desain rumah menjadi hebat. Penilaian tersebut berasal dari kepentingan klien dan bukan pada keinginan desainer. Meskipun bagian dari karya seni, Arsitektur bukanlah suatu obyek yang individual dan di dominasi oleh penciptanya. Seorang arsitek, secara profesional harus bisa mewujudkan  bahasa klien kedalam desain sementara dengan ilmu yang dikuasainya memberikan bimbingan dan penyelesaian desain terbaik.

mau tahu desaign rumah yang hebat???

One comment on “mau tahu desaign rumah yang hebat???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s