Sampingan

 

Posted in : Artikel

desain rumah universalDesain rumah universal adalah sebuah konsep yang berkembang dalam bidang perencanaan rumah dan konstruksi yang tanggap terhadap  perubahan yang dapat terjadi dalam hidup seperti masalah kecacatan, penuaan dan aksesibilitas umum untuk semua orang. Rumah tersebut  dibangun dengan tidak mempermasalahkan siapa yang akan menghuni dan dalam kondisi apapun. Semakin banyak desainer rumah, pembangun dan kontraktor yang menggunakan konsep ini karena semakin cepatnya pertumbuhan penduduk dan keberadaan penyandang cacat dan kaum lanjut usia yang memerlukan perhatian kkhusus dalam hal rumah.

Berikut adalah beberapa manfaat dari desain rumah yang universal:

Nilai Rumah
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan desain rumah universal dalam membangun rumah baru Anda, rumah Anda bernilai lebih dibandingkan rumah lain yang mes memiliki fasilitas sama tetapi tidak menggunakan prinsip desain rumah yang universal. Nilai lebih pada rumah ini adalah bahwa semua orang bisa menggunakan rumah ini. Rumah universal dirancang lebih agar memiliki  nilai jual yang lebih tinggi dan cara jual yang lebih baik.

Perencanaan Yang Baik Untuk Masa Depan
Bagi mereka yang berencana untuk tinggal di rumah mereka sampai lanjtut usia, jenis desain rumah ini sangat baik karena akan mengakomodasi penghuni dalam setiap perubahan kehidupan. Jika salah seorang penghuni tiba-tiba mengalami kecelakaan hingga cacat atau akhirnya harus memiliki fasilitas alat bantu tertentu di daerah-daerah seperti kamar mandi karena masalah penuaan, desain ini memungkinkan untuk perubahan dalam kehidupan yang pasti terjadi.

Elemen-elemen Desain yang Penting
Ada banyak elemen desain yang berpengaruh  pada desain rumah universal, namun beberapa yang paling penting untuk dikerjakan adalah pada area kamar mandi, dapur, lorong-lorong dan jenis tingkat pada rumah. Kamar mandi merupakan salah satu daerah yang paling penting dari rumah, oleh karena itu perlu didesain supaya aksesibel bagi seorang penyandang cacat. Pintu yang lebih luas bagi aksesibilitas kursi roda, lantai nonslip, kamar mandi yang lapang  dan daerah terbuka adalah  beberapa fitur umum yang dapat dinikmati oleh semua orang.
Aspek penting lain yang harus diperhatikan adalah permukaan lantai yang sebaiknya rata tanpa perlu menggukanan trap atau tangga. Akses dari satu bagian kebagian lain diusahakan mudah tanpa banyak hambatan.

Demikianlah manfaat dari desain rumah universal. Semoga bermanfaat.

Manfaat dari Desain Rumah Universal

One comment on “Manfaat dari Desain Rumah Universal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s