Tips Hemat Listrik di Rumah

Tips Hemat Listrik di Rumah

15-06-2012 16:31:15
Dilihat : 12020 kali

 

 

Sadarkah Anda bahwa gerakan hemat energi juga bagian dari menyelamatkan bumi kita dari kerusakan? Selain mengurangi pemanasan global yang telah berdampak pada seluruh dunia, Anda juga bisa mengurangi tagihan listrik tiap bulannya. Jadi, mulailah berhemat dari sekarang dan mulailah dari rumah Anda sendiri. Berikut beberapa tipsnya.

– Jangan menyalakan lampu di siang hari. Ini berhubungan juga saat Anda membangun atau merenovasi rumah, sebaiknya buatlah rumah dengan jendela-jendela yang memungkinkan cahaya matahari masuk dengan baik.

– Matikan lampu kamar saat tidur dan hanya menyalakan lampu saat Anda masuk ke suatu ruangan gelap, misal kamar mandi atau gudang.

– Untuk mengurangi penggunaan lampu, gunakan warna-warna cerah/terang pada cat dinding Anda.

– Jika Anda menggunakan pompa air listrik, penuhilah bak mandi dan seluruh kebutuhan kamar mandi dalam sekali waktu, misalnya pada setiap pagi hari saja. Karena ‘tarikan’ listrik dari pompa air ketika pertama kali menyala, memakan daya listrik yang besar.

– Mulai membuat jadwal mencuci dan menyeterika pakaian secara teratur. Jangan mencuci atau menyeterika pakaian secara mencicil. Lebih baik dibuat jadwal, misal masing-masing dua kali seminggu untuk seluruh pakaian yang kotor.

– Tidurlah lebih awal. Selesaikan semua pekerjaan di kantor dan usahakan jangan dibawa ke rumah. Selain Anda harus membayar energi dari desktop yang Anda nyalakan, menghabiskan waktu bersama keluarga jauh lebih penting.

– Tutup tirai/gorden dan ruangan jika udara panas, sehingga mengurangi penggunaan kipas/AC. Makin panas suhu ruangan, makin besar juga energi yang dikeluarkan AC.

– Pilih alat pendingin yang yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Jika terlalu besar, hanya akan menghabiskan biaya.

– Bila Anda menginginkan ruangan yang tidak terlalu dingin, cukup gunakan portable AC. Selain mudah dipindahkan, juga bisa mengurangi biaya karena dayanya yang kecil.

– Kipas angin dapat memberikan udara sejuk dan mengurangi penggunaan AC. Anda bisa mengkombinasikan peran kipas angin dan AC. Caranya, AC dinyalakan untuk mendinginkan ruangan dan setelah ruangan dingin matikan AC dan nyalakan kipas angin untuk tetap menjaga kesejukan di ruangan.

– Umumnya, AC dan kipas angin punya fungsi timer. Pelajari dan manfaatkan fungsi ini sebaik-baiknya untuk mengurangi pemakaian yang tidak perlu.

– Mulailah menanam pohon pada halaman Anda karena bisa mengurangi udara panas dan sinar matahari yang terik dengan biaya yang murah.

– Pastikan lemari pendingin tidak penuh sesak oleh makanan. Jika terlalu penuh akan menyebabkan lemari pendingin bekerja lebih keras. Penggunaan listrik pun pasti boros.

– Biasakan juga tidak terlalu sering membuka-tutup pintu lemari pendingin. Hal ini berpengaruh pada pemakaian energi listrik. Sebab lemari pendingin harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan kembali temperatur di dalam lemari es.

 

Merry Sondang/berbagai sumber

Foto: doc.net

 

PT. DUTA PRO Tbk, (Property & kontraktor)
Plaza Victoria Blok B no.01 Sentul City Bogor 16810.
Telp : 021-87953067     Fax :  021-87953076
Hp    :  085691629395    Pin  :   27510FD6
E-mail  :  pt.dutapro@yahoo.co.id

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s