Taut

dutapro

Beberapa Material Bangunan Sahabat Lingkungan

17-09-2010 09:34:35
Dilihat : 4167 kali

 

Bila Anda ingin membangun ataupun merevonasi rumah, janganlah mengabaikan pentingnya memilih material bangunan nan tak memusuhi lingkungan. Ini sudah tentu, demi kesinambungan planet Bumi tercinta.

Pemilihan tersebut bukan hal nan sulit. Maklum, berbagai material bangunan ramah lingkungan tersaji di pasar, digelontorkan oleh para produsen yang tentu peduli kesinambungan Bumi sekaligus berniat menjala laba dari konsumen.

Secara mendasar, boleh dikatakan bahwa material bangunan punya beberapa ciri. Yakni, pertama, proses produksinya meminimalkan pengurasan sumber daya alam seperti kayu di hutan.

Kedua, material tersebut bisa didaur ulang.

Selain itu, konsumen pun perlu memilih material yang, dalam proses pengiriman, tidak menggunakan banyak konsumsi energi (bahan bakar minyak). Maka, di sini sang konsumen perlu mengutamakan membeli material yang berlokasi dekat dengan propertinya—bukan material yang diimpor dari negeri lain.

 

Lantas, apa saja sih material bangunan ramah lingkungan yang kini bisa diperoleh di pasar? Ada banyak sebagai berikut—beberapa di antaranya sangat mungkin tiada asing bagi Anda:

1. Rangka atap baja ringan. Bahan ini kian ngetren sebagai pengganti rangka atap kayu. Selain ramah lingkungan, rangka atap baja juga lebih kuat, ringan, dan mudah dipasang.

2. Kusen aluminium. Selain tak berperan menguras kayu hutan, kusen aluminium juga lebih awet karena tak bisa lapuk ataupun digerayangi gerombolan rayap.

3. Pintu PVC. Nah, material bangunan yang ini juga bisa tampil indah karena tersedia dalam banyak motif dan warna. Juga tak cepat lapuk dimangsa air dan rayap—tak seperti pintu kayu.

4. Keran sistem pencet/tekan. Keran ini mencegah pemborosan penggunaan air. Maklum, sering, pengguna keran tidak mematikan keran secara rapat sehingga air terus mengucur percuma. Keran sistem pencet juga lebih kebal terhadap kemungkinan bocor.

Wah, iya…keran ini pas digunakan di wastafel rumah Anda.

5. Septic tank fiberglass dan berpenyaring biologis. Nah, ini merupakan septic tank yang ramah lingkungan karena punya sistem penguraian limbah bertahap, antirembes-bocor, tahan lama, dan hemat ruang.

6. Wall paper (kertas dinding) daur ulang. Wall paper tipe ini terbuat dari kertas yang bisa didaur ulang. Selanjutnya, tipe ini mudah dibersihkan, cukup diseka dengan lap kering.

Berlainan dengan itu, wall paper berbahan vinyl tak bisa didaur ulang.

7. Batu bata dari—maaf—kotoran sapi. Merupakan besutan mahasiswa Prasetiya Mulya Business School di tahun 2009, batu bata ini jelas sobat kental bagi lingkungan karena tak memerlukan teknik pertambangan nan menciderai alam.

Sudah begitu, batu bata tersebut lebih kuat dan ringan ketimbang batu bata konvensional.

8. Cat ramah lingkungan. Dewasa ini, produsen cat mulai memasarkan produk yang tidak mengidap zat beracun ataupun berbahaya bagi lingkungan. Sudah tentu, Anda bisa menggunakan cat jenis ini.

9. Kaca dari material daur ulang. Di sini, sang produsen menggunakan limbahan pecahan kaca plus pasir silika sebagai bahan baku produksi.

10. Kayu dari komposit kayu plastik. Material ini bisa dikatakan belum lama hadir di Indonesia. Kayu ini terbuat dari serbuk kayu yang didaur ulang, serbuk bambu, kayu hasil penanaman di lahan pertanian, PVC, dan beberapa serbuk organik non-bahan kimia.

Wujud nyata kayu tersebut banyak: lantai, ceiling, panel dinding, window blinds, pagar seri, dan lain-lain.

 

Demikianlah, ada banyak material bangunan sahabat lingkungan yang bisa Anda gunakan. Selamat bersobat kental dengan planet Bumi.

 

Dhit

Sumber:  Hunianku.rumahku-online.com; Kompas.com; Kapanlagi.com; Lintasberita.com; Housing-estate.com

Foto: Gettyimages/ Don Bishop

 

PT. DUTA PRO Tbk, (Property & kontraktor)
Plaza Victoria Blok B no.01 Sentul City Bogor 16810.
Telp : 021-87953067     Fax :  021-87953076
Hp    :  085691629395    Pin  :   27510FD6
E-mail  :  pt.dutapro@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s