investasi di apartement

Berinvestasi Aman di Apartemen

07-07-2009 16:24:34
Dilihat : 6636 kali

Kondisi ruang kota Jakarta yang semakin hari kian sempit, membuat keterbatasan lahan akan bangunan properti rumah menjadi berkurang. Tapi itu semua tidak menghentikan otak pemikiran para developer. Bahkan setiap tahun kebutuhan akan tempat tinggal ini terus meningkat, ditambah maraknya pembangunan apartemen-apartemen yang kini menjadi solusi terbaik.
Diperkirakan meski terjadi krisis ekonomi global, hasil survei konsultan properti Cushman & Wakefield menyebut penjualannya masih menunjukkan geliat. Walau tipis, ada kenaikan porsi unit apartemen yang sudah laku terjual, ditambah sejak lima tahun terakhir hunian apartemen menjadi tren. Kalau pada kuartal III 2008 baru 93,54% dari 68.514 unit bangunan yang laku, per kuartal keempat meningkat menjadi 94,3%.
Melihat fenomena inilah, banyak masyarakat yang berburu apartemen, tidak hanya untuk dihuni tapi juga sebagai investasi. Dan itulah yang menguntungkan para developer, terlebih properti adalah produk investasi yang paling aman di tengah krisis apapun dan hasilnya menguntungkan. Masyarakat Indonesia pada umumnya dan Jakarta khususnya mempunyai perilaku dalam berinvestasi, yaitu mengikuti tren yang terjadi di sekelilingnya. Berikut beberapa alasan yang bisa menjadi panduan membeli apartemen untuk investasi :
– Beli Saat Soft Launching
Momen ini kadang disepelekan oleh sebagian orang, tapi nyatanya sangat menguntungkan. Karena membeli produk properti sebelum launching akan berbeda dengan setelah dibuka secara umum ke masyarakat. Belum lagi dengan posisi unit apartemennya yang dapat kita pilih, karena masih banyak yang kosong. Sedangkan selepas launching berkemungkinan menjadi terbatas dan berebut dengan pembeli lainnya, sekaligus bisa menambah nilai investasi setelah terjadinya kenaikan harga jual.
– Profil Pengembang
Setelah memikirkan secara matang nilai investasi dari produk properti yang akan dibeli, langkah selanjutnya mempelajari siapa developernya. Pengalaman pengembang dan tingkat kepercayaan untuk menyelesaikan pembangunan apartemennya sangat menentukan. Karena akan memastikan keberhasilan produk yang dibangun tepat waktu dan sesuai dengan jadwal pemasarannya. Jangan sampai Anda sudah beli, tapi setelah waktu yang dijanjikan, belum selesai juga apartemennya.
– Legalitas
Secara keseluruhan Anda telah pelajari siapa developer yang membangun produk apartemen yang akan dibeli. Kemudian hal penting lainnya adalah tanyakan tentang kelengkapan surat izin yang layak untuk berdirinya sebuah apartemen, seperti Block Plan, Izin Pendahuluan, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sertifikat atas tanah (hak guna bangunan/HGB). Dan juga bank yang memberi kredit untuk pembangunan apartemen, biasanya akan memberi Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Jangan sampai di kemudian hari, produk investasi properti Anda bermasalah dan bukannya menguntungkan. Hindari membeli apartemen dengan status kepemilikan tanah yang tidak jelas atau bukan HGB, agar status kepemilikan unit apartemen yang dibeli tidak tersangkut masalah.
– Lokasi
Pada awalnya yang tinggal di apartemen adalah Warga Negara Asing (WNA), tapi kini kebiasaan tersebut sudah merambah ke masyarakat kita sendiri. Selain efesien untuk dihuni, apartemen juga ternyata banyak mempunyai keuntungan-keuntungan lebih, antara lain nilai investasinya. Karena itu, faktor lokasi sangat menentukan. Biasanya apartemen penuh huni yang berada di sekitar perkantoran atau di tengah kota dan pusat bisnis membuat nilai harga beli dan jualnya menjadi lebih tinggi dari lokasi lainnya yang berada di pinggiran kota.
– Kelengkapan Interior dan Fasilitas Apartemen
Harga, ijin pembangunan dan pemilikan juga lokasi sudah terpenuhi semua. Langkah selanjutnya memperhatikan segala sarana dan prasarana yang ada di apartemen yang akan dibeli. Sebab semuanya berujung pada kenyamanan Anda untuk tinggal atau jika disewakan nantinya. Jika sudah menemukan unit yang sangat ideal dan strategis, jangan lupa perhatikan isi unit apartemennya, apakah sudah memenuhi standar keinginan atau belum. Jika masih ada yang kurang, baiknya segera penuhi dan hubungi manajemen pengelola gedung sesegera mungkin.
– Kesiagaan Pengelola Gedung
Pengelolaan atau properti manajemen dari apartemen sangat mempengaruhi pelayanan yang diberikan kepada penghuni maupun tamunya. Pengelolaan apartemen dapat juga memakai jasa pengelola hotel, seperti Mercure, Aston, dan lainnya. Pengelolaan ini mempengaruhi umur dari alat yang dipakai, kualitas kebersihan, keamanan, dan kenyamanan selama tinggal di apartemen tersebut. Jika semuanya telah Anda dapati, maka segala sesuatu untuk berinvestasi dalam bentuk apartemen, bisa segera direalisasikan. Dan siap untuk mencari-cari produk properti mana yang memenuhi kriteria Anda, serta siap meraih keuntungan.
(Dian Triasari/berbagai sumber)
Foto : doc.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s